Pengertian Akuntansi dan lainnya - MyWrite

Saturday, August 17, 2019

Pengertian Akuntansi dan lainnya


Halo kawan kawan dimanapun kalian berada, apakah kalian sudah mengetahui mengenai pengertian akuntansi? kali ini kita akan membahas mengenai pengertian akuntansi dan lainnya seperti fungsi, manfaat, dan tujuan akuntansi. Akuntansi secara umum memiliki pengertian sebagai berikut" akuntansi merupakan suatu proses mencatat, penganalisaan, mengidentifikasi, mengklasifikasi, pengikhtisar, dan pelaporan keuangan dalam bentuk laporan keuangan dalam satu periode akuntansi untuk membantu pihak pihak yang membutukan informasi keuangan seperti manajer dan investor sebagai bahan pengambilan keputusan untuk manajemen atau investasi.

Pengertian akuntansi menurut para ahli

1. Abu Bakar A. dan Wibowo
Abu Bakar A dan Wibowo merupakan salah satu ahli akuntansi yang berasal dari Indonesia ia berpendapat bahwa akuntansi ialah prosedur mengakui, pencatatan dan korespodensi bursa keuangan dari suatu unsur atau organisasi atau akuntansi ialah suatu sistem informasi yang mengakui dan mencatat transaksi keuangan kemudian disajikan dalam laporan keuangan. 

2. Charles Thomas Horngren dan Walter T. Harrison
Charles Thomas Horngren ia merupakan seorang profesor di Stanfors University California Amerika serikat sedangkan Walter T.Harrison merupakan seorang penulis buku buku akuntansi yang sangat terkenal. Charles dan Walter berpendapat bahwa akuntansi adalah sistem informasi yang menilai suatu aktivitas usaha, memproses data transaksi menjadi sebuah laporan dan menyampaikan hasilnya kepada para pengambil keputusan seperti manajer. 

3.Asosiasi Akuntansi Amerika (AAA)
Asosiasi Akuntansi Amerika merupakan lembaga atau organisasi yang berdiri sejak tahun 1916 dan bergerak di bidang akuntansi yang berasal dari amerika serikat. Asosiasi Akuntansi Amerika  berpendapat bahwa pengertian akuntansi adalah sebuah proses identifikasi, pengukuran, pencatatan, dan pelaporan keuangan dari suatu perusahaan yang dijadikan sebagai bahan informasi dalam rangka mengambil keputusan ekonomi oleh pihak yang membutuhkan.

4. Institut Akuntan Publik Amerika Bersertifikat 
Institut Akuntan Publik Amerika Bersertifikat merupakan sebuah lembaga profesional dalam bidang akuntansi publik yang berada di New York Amerika Serikat dan berdiri sejak 1887. Institut Akuntan Publik Amerika Bersertifikat menyatakan bahwa pengertian akuntansi ialah seni mencatat, menggolongkan, dan mengikhtisarkan dengan cara tertentu dalam ukuran moneter transaksi dan kejadian kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasilnya atau akuntansi adalah seni mencatat, menggolongkan dan menyusun ikhtisar kejadian atas transaksi keuangan yang selanjutnya disajikan dalam laporan keuangan.

5.Paul Grady
Paul Grady seorang ahli akuntansi yang menyatakan bahwa akutansi adalah suatu sistem pencatatan, mengklasifikan, menganalisis dan melakukan interpretasi atas transaksi keuangan yang telah terjadi dalam bentuk laporan sebagai pertanggung jawaban atas kinerja dalam menjalankan operasi perusahaan. Menurut Paul Grady terdapat 10 konsep dasar akuntansi.

6. Dr. M. Gede
Dr. M. Gede merupakan salah satu ahli yang berasal dari Indonesia. Dr. M. Gede menyatakan bahwa Akuntansi adalah ilmu pengetahuan terapan dan seni pencatatan yang dilakukan secara berkelanjutan menurut aturan dan sistemnya, pengolahannya, dan analisis catatan tersebut sehingga tersusun suatu laporan keuangan sebagai suatu pertanggung jawaban dari pimpinan perusahaan maupun lembaga terhadap kinerjanya

7. Mulyadi
Mulyadi seorang ahli akuntansi yang berasal dari Indonesi berpendapat bahwa Akuntansi berfungsi sebagai alat pencatatan dan penyajikan laporan keuangan untuk mempermudah manajemen dalam mengelola perusahaan.

8. Rudiyanto
Rudiyanto salah satu ahli akuntansi yang berasal dari Indonesia berpendapat bahwa Akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan sebuah laporan keuangan kepada pihak pihak terkait yang berkepentingan dengan kegiatan ekonomi dan keadaan suatu badan usaha tertentu.

9. Suparwoto L
Suparwoto L seorang ahli akuntansi yang berasal dari Indonesia mengemukakan bahwa Akuntansi merupakan suatu sistem atau teknik untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan memberikan hasil pengelolahan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak pihak internal dan eksternal perusahaan. pihak eksternal ini terdiri dari investor, kreditur pemerintah, serikat buruh dan lain lain.

10. Keputusan Mentri Keuangan
Menurut keputusan Mentri Keuangan Akuntansi adalah suatu proses pengumpulan, pencatatan, penganalsaan, peringkasan, pengklasifikasian, dan pelaporan transaksi keuangan dari suatu kesatuan ekonomi, untuk menyediakan, informasi keuangan, bagi para pemakai laporan, yang berguna untuk pengambilan keputusan.


Fungsi Akuntansi
  • Kolak ukur perusahaan
  • Sistem informasi
  • Pembayaran pajak
  • Pendetekti penyalah gunaan
  • Penetapan aktivitas perusahaan
  • Memperoleh tambahan modal dan pinjaman 
  • Memudahkan pembukuaan

Tujuan Akuntansi 
  • Memberikan sebuah informasi keuangan yang dapat dipercaya mengenai kewajiban, modal, dan sumber ekonomi
  • Memberikan informasi yang bisa dipercaya tentang perubahan yang terjadi pada sumber sumber ekonomi di sebuah perusahaan, karena kegiatan usaha yang dijalankan.
  • Memberikan webuah informasi keuangan yang dapat memudahkan para pengguna dalam memperkirakan potensi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan.
  • Memberikan informasi penting lainnya tentang perubahan perubahan pada sumber ekonomi dan kewajiban kewajiban perusahaan.
  • Menyajikan sebuah informasi keuangan selengkap mungkin yang berkaitan dengan laporan keuangan sehingga relevan untuk digunakan oleh para pengguna laporan keuangan.

Manfaat Akuntansi 
  • Menyajikan informas keuangan sebagai dasar mebuat keputusan manajerial
  • Menyediakan informasi berupa jenis jenis laporan keuangan pada pihak eksternal 
  • Sebagai alat kontrol dan pengendalian keuangan
  • Mempermudah proses evaluasi keuangan perusahaan
  • Menyediakan dasar dalam dalam mengalokasikan sumber daya
  • Membuat pencatatan transaksi keuangan dari bukti keuangan sesuai dengan unsur unsur laporan keuangan yang dapat dipertanggung jawabkan
  • Membantu untuk mengetahui sebagai pengeluaran sesuai macam macam rasio keuangan.

Demikian sedikit pembahasan mengenai pengertian akuntansi dan lainnya. Terimakasih telah berkunjung dan membaca diblog saya. Semoga informasi diatas memberikan manfaat dan menambah ilmu pengetahuan. Terimakasih.

Sumber : 

Indah, R. (2017, 01 16). 17 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli. Diambil kembali dari dosenakuntansi: https://dosenakuntansi.com/pengertian-akuntansi

Bitar. (2019, 5 14). 45 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli ( Fungsi, Jenis Dan Tujuan ). Diambil kembali dari https://www.gurupendidikan.co.id: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-akuntansi/

No comments: