Awal Kehadiran Akuntansi di Indonesia - MyWrite

Saturday, August 03, 2019

Awal Kehadiran Akuntansi di Indonesia



Halo kawan kawan dimanapun kalian berada kali ini saya akan sedikit membahasa mengenai awal kehadiran akuntansi di indonesia. Berawal dari masuknya belanda ke indonesia pada jaman dahulu untuk berdagang dan membeli rempah rempah Belanda secara tidak langsung memperkenalkan sistem akuntansi kepada bangsa indonesia. Sistem akuntansi yang digunakan belanda pada waktu itu adalah sistem akuntansi kontinental sehingga bangsa indonesia pada waktu itu mengikuti sistem akuntansi yang digunakan oleh belanda yaitu sistem akuntansi kontinental. Seiring berjalannya waktu belanda yang datang hanya untuk berdagang karena melihat bahwa bangsa indonesia memiliki aset bangsa yang melimpah seperti rempah rempah lambat laun misi mereka berganti sampai pada akhirnya mereka menjajah bangsa indonesia.

Pada masa penjajahan Belanda bangsa indonesia tidak hanya diam tetapi belajar bagaimana cara untuk mengalahkan belanda sehingga tidak sedikit orang indonesia yang belajar keluar negeri. Belanda mengetahu ancaman yang akan datang pada mereka jika banyak bangsa indonesia yang belajar dan semakin pintar akhirnya mereka melakukan cara apapun untuk menghambat bangsa indonesia sampai akhirnya terjadi perseteruan antara belanda dan bangsa indonesia. Perseteruan tersebut akhirnya mengakibatkan para pelajar bangsa indonesia yang sedang belajar di belanda kemudian pulang sementara karena takut terjadi sesuatu, sampai akhirnya mereka tidak putus asa kemudian mencari negara lain untuk belajar, Para pelajar bangsa indonesia akhirnya memilih Amerika dan negara lainnya selain belanda untuk melanjutkan studi mereka yang tertunda sementara.

Para pelajar yang berhasil menyelesaikan studi diluar negeri akhirnya pulang ke indonesia dan mulai menyusun rencara bagaimana cara mengalahkan belanda. Rencana tersebut akhirnya mereka lakukan dengan perjuangan yang sangat keras sampai akhirnya belanda menyerah dan pergi dari indonesia. Selepas perginya belanda dari indoneisa para pelajar khususnya pelajar yang mempelajari sistem akuntansi membawa pembaruan kepada sistem akuntansi di indonesia. Sistem akuntansi di indonesia yang awalnya menggunakan sistem akuntansi kontinental yang berasal dari belanda kemudian berganti menjadi sistem akuntansi anglo saxon yang besal dari perkembangan sistem akuntansi di amerika. Amerika yang mengetahui banyaknya pelajar dari indonesia yang mampu menggunakan sistem akuntansi anglo saxon akhirnya mulai mencoba menanamkan modal di indonesia. 

Banyaknya modal asing yang masuk ke indonesia pada waktu itu mengakibatkan indonesia mampu mendirikan univesitasnya sendiri seperti universitas indonesia dan yang lainnya. Di Universitas indonesia pendidikan akuntansi mulai di rintis dengan membuka jurusan akuntansi di fakultas ekonomi. Dengan dibukanya jurusan akuntansi di universitas indonesia membuat semakin banyaknya orang indonesia yang mengerti tentang sistem akuntansi kemudian membuat sebuah organisasi untuk mewadahi orang orang  yang akan membawa perkembangan kepada sistem akuntansi di indonesia yang kemudian organisasi tersebut diberinama ikatan akuntansi indonesia (IAI). 

Ikatan akuntansi indonesia (IAI) kemudian membuat sebuah standar akuntansi yang khusus berlaku di indonesia yang diberinama pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) yang kemudian menjadi sebuah pedoman bagi seluruh orang indonesia yang mempelajari akuntansi. Pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) yang di buat ikatan akuntansi indonesia (IAI) pada awalnya mengacu pada standar akuntansi yang berada di amerika tetapi seiring berjalannya waktu akhirnya pernyataan standar akuntansi keuangan (psak) yang ada di indonesia mengacu pada International Financial Reporting Standars (IFRS) atau sering disebut standar pelaporan keuangan Internasioanl.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Awal Kehadiran Akuntansi di Indonesia. Terimakasih telah berkunjung dan membaca diblog saya. Semoga informasi diatas memberikan manfaat dan menambah ilmu pengetahuan. 

Sumber : Sujarweni, W. (2016). Pengantar Akuntansi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. 

No comments: