Sejarah awal mulanya diciptakan Akuntansi - MyWrite

Tuesday, July 30, 2019

Sejarah awal mulanya diciptakan Akuntansi



Pernahkah kalian mendengar kata Akuntansi? darimana asal Akuntansi? siapa yang menciptakan Akuntansi? Mari kita bahas secara singkat mengenai Sejarah awal mulanya diciptakan Akuntansi. 

Berawal dari kebutuhan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia pada awalnya menggunakan sistem innatura atau yang lebih dikenal dengan sistem barter untuk memenuhi kebutuhan hidupnya karena pada saat itu tidak ada alat dan sistem pencatatan untuk sebuah transaksi. Seiring berkembangnya jaman, manusia mulai menyadari bahwa sistem innatura tidak memberikan kesetaraan dan orang orang mulai mencari alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pada tahun 500 - 600 sebelum masehi seseorang berkebangsaan yunani bernama Croesus mendapat alternatif lain guna mengatasi permasalahan akibat sistem innatura. Croesus membuat sebuah alat dari bahan yang banyak disukai orang seperti emas dan perak. Selain banyak di sukai orang emas dan perak juga mudah untuk dibawa kemana mana. Setelah Croesus membuat alat tersebut, ia kemudian mencoba menggunakan alat tersebut untuk bertransaksi membeli sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Setelah ia coba ternyata alat tersebut diterima baik oleh masyarakat. Setelah alat tersebut diterima baik oleh masyarakat kemudian mereka menyepakatinya dan menggunakan alat tersebut bersama untuk memenuhi kebutuhan hidup. Seiring berjalannya waktu masyarakat yunani dan bangsa lain mulai membuat alat tersebut dan memberinya nama Uang. 

Setelah manusia mengetahui nilai barang dan mengenal alat transaksi seperti uang akhirnya perdagangan di benua eropa semakin meningkat. Pada tahun 1400 an pedagang di genoa yang telah selesai berlayar mulai menghitung harta mereka dan kemudian membandingkan harta mereka pada saat sebelum berangkat berlayar dengan setelah pulang berlayar.

Pada tahun 1440-1500 seorang biarawan berkebagsaan Italia bernama Lucas Pacioli memperkenalkan buku ciptaannya yaitu "Suma de Arilhmalica, Proportioni et Computis et Scriptorio". Dalam bukunya itu terdapat salah satu bab yang ditulis Lucas Pacioli khusus berisi mengenai cara pembukuan menurut catatan berpasangan (double book keeping). Salah satu bab yang di tulis Lucas Pacioli tersebut menjadi cikal bakal dari sistem Akuntansi dan Lucas Pacioli kemudian dikenal sebagai bapak Akuntansi.

Pada tahun 1800 buku Lucas Pacioli sampai daerah Inggris. Di Inggris buku tersebut banyak dibaca dan dipahami orang sehingga mengakibatkan perkembangan. Akuntansi yang berkembang di eropa kemudian diberi nama sistem kontinental karena dianggap lebih lengkap, sistematis dan mudah di kontrol. 

Adanya revolusi industri di Amerika yang kemudian membuat industri di Amerika tumbuh dengan cepat membuat pedagang pedang eropa tertarik untuk datang ke Amerika. Setelah pedagang eropa datang ke Amerika dan menjalin kerjasama dengan Amerika akhirnya perusahaan perusahaan di Amerika menggunakan sistem akuntansi kontinental. Seiring berjalannya waktu sistem akuntansi kontinental menyesuaikan dengan perkembangan industri di Amerika. adanya perkembangan sistem akuntansi tersebut kemudian merubah sistem akuntansi kontimental menjadi sistem akuntansi anglo saxon yang dibuat di Amerika.

Demikian sedikit pembahasan mengenai sejarah awal mulanya diciptakan akuntansi. Terimakasih telah berkunjung dan membaca diblog saya. Semoga informasi diatas memberikan manfaat dan menambah ilmu pengetahuan. Terimakasih.

Daftar Pustaka : Sujarweni,W. 2016. Pengantar Akuntansi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press

No comments: