7 Bidang Akuntansi yang Populer - MyWrite

Monday, August 05, 2019

7 Bidang Akuntansi yang Populer


Halo kawan kawan dimanapun kalian berada sebelumnya apakah kalian sudah mengetahui bidang apa saja yang ada dalam akuntansi? Jika belum kali ini saya akan menyampaikan mengenai 7 bidang akuntansi yang populer dimasyarakat seperti berikut ini.

1. Akuntansi Keuangan

Akuntansi Keuangan merupakan salah satu bidang akuntasi yang banyak diminati masyarakat bagaimana tidak akuntansi keuangan sangat diperlukan oleh perusahaan baik perusahaan besar, sedang dan kecil karena setiap perusahaan pasti membuat sebuah laporan seperti laporan keuangan dan laporan lainnya. Dengan adanya laporan keuangan sebuah perusahaan dapat melihat hasil kerja perusahaannya apakah memuaskan atau kurang memuaskan. Jika perusahaan mendapatkan informasi yang memuasakan dari laporan keuangan maka pihak perusahaan dapat menggunakan laporan keuangan tersebut untuk menarik pihak diluar (eksternal) perusahaan seperti kreditur atau investor untuk mendapatkan suntikan dana kepada purusahaan sehingga perusahaan dapat menggunakan dana tersebut untuk perkembangan perusahaan.

Akuntansi keuangan memiliki standar yang harus dipenuhi  dalam membuat laporan keuangan. Standar pembuatan laporan keuangan itu bernama Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dan dibuat oleh Ikatan Akuntansi Indonesi (IAI). Hasil dari laporan keuangan biasanya seperti : neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan arus kas, catatan, dan laporan keuangan.

2. Akuntasni Manajemen

Akuntansi Manajemen juga merupakan salah satu bidang akuntansi yang banyak diminati oleh masyarakat karena cukup banyak perusahaan yang membutuhkan akuntansi manajemen untuk menunjang operasional perusahaan.

Akuntansi Manajemen adalah salah satu bidang akuntansi yang mempelajari bagaimana cara penggunaan informasi akuntansi untuk perusahaan yang selanjutnya akan digunakan untuk pengambilan keputusan dan pegendalian oleh perusahaan. laporan  akuntansi manajemen biasanya bersifat privasi dan hanya di gunakan oleh pihak internal perusahaan seperti manager. Manager biasanya menggunakan  informasi akuntansi sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil sebuah keputusan dan menilai kinerja perusahaan. Dalam akuntansi manajemen didalamnya terdapat Akuntansi Biaya. Akuntansi Biaya diperlukan untuk membantu menentukan dan mengendalikan biaya seperti biaya operasional, biaya overhead dan biaya lainnya yang terjadi dalam sebuah perusahaan.

3. Akuntansi Pemeriksaan

Akuntansi Pemeriksaan (audit) juga merupakan salah satu bidang akuntansi yang cukup banyak diminati masyarakat karena akuntansi pemeriksaan (audit) diperlukan oleh perusahaan untuk memeriksa kembali semua laporan perusahaan yang telah selesai dibuat  sebelum di laporkan kepada pihak yang berkepentingan seperti investor, dirjen pajak dan yang lainnya.

Akuntansi pemerikasaan ialah suatu proses yang dilakukan secara sistematik untuk mengevaluasi sebuah laporan baik itu laporan keuangan atau laporan lainnya yang terdapat dalam suatu perusahaan. akuntansi pemeriksaan (audit) biasanya memeriksa catatan catatan transaksi yang terjadi pada sebuah perusahaan dan laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan apakah sesuai dengan standar dan prinsip akuntansi yang berlaku.

4. Akuntansi Perpajakan

Akuntansi Perpajakan merupakan salah satu bidang akuntansi yang juga cukup banyak diminati masyarakat karena akuntansi perpajakan dibutuhkan perusahaan untuk melakukan penghitungan pajak dan melakukan pembayaran pajak kepada negara. Akuntasnsi Perpajak mempelajari cara menghitung dan menentukan jumlah penghasilan kena pajak (PKP) yang diperoleh dalam satu perode pajak yang digunakna sebagai dasar penetapan pajak atau pajak penghasilan yang terutang oleh perusahaan yang merupakan wajib pajak.

Pajak yang telah dihitung dan ditentukan jumlahnya oleh perusahaan kemudian dibayarkan kepada negara sesuai dengan peaturan perundang undangan pajak yang berlaku. Hasil dari akuntansi pajak biasanya laporan penghitungan pajak yang dilaporkan perusahaan kepada dirjen pajak.

5. Akuntansi Pemerintah

Akuntansi Pemerintahan merupakan salah satu bidang akuntansi yang mengkhususkan diri dalam pencatatan dan pelaporan keuangan pemerintah. Masyarakat yang membuat laporan akuntansi pemerintah baik pemerintahan pusat atau daerah biasanya masyarakat tersebut telah lulus dari ujian atau seleksi yang diberikan negara kemudian dipilih oleh negara. Akuntansi pemerintah ialah sebuah proses sistematik yang dilakukan pemerintah untuk menyediakan informasi keuangan melalui proses pencatatan, pengelompokan, pengiktisaran dan pelaporan transaksi keuangan. Laporan akuntansi pemerintahan biasanya di gunakan oleh pihak yang berkepentingan seperti masyarakat, DPR, BPK dan lainnya.

Akuntansi pemerintah dalam pelaporan akuntansinya memiliki standar yang harus di penuhi standar tersebut bernama standar akuntansi pemerintah (SAP) yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui peraturan pemeritah no.71 tahun 2010. Hasil dari laporan akuntansi pemerintah biasanya berupa : laporan relisasi anggaran, neraca, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan.

6. Akuntansi Pendidikan

Akuntansi pendidikan merupakan bidang akuntansi yang cukup banyak dipilih oleh masyarakat sebagai tenaga pendidik atau dosen akuntansi. Guru atau dosen akuntansi biasanya memberikan informasi kepada anak didiknya mengenai ilmu akuntansi seperti mengajari cara menjurnal, identifikasi dan analisis transaksi, membuat neraca, membuat laporan laba rugi dan lain sebagainya. Akuntansi pendidikan juga memiliki kegunaan seperti mengelola data transaksi dan membuat laporan keuangan untuk lembaga lembaga pendidikan agar kegiatan operasional atau aktifitas berjalan seperti biasanya.

7. Sistem Akuntansi

Sistem akuntansi adalah suatu metode dan prosedur yang digunakan untuk mencatat dan melaporkan informasi keuangan perusahaan. Sistem akuntansi ini  sangat dibutuhkan untuk kesuksesan dan kelancaran sebuah perusahaan.

Demikian sedikit pembahasan mengenai tujuh bidang akuntansi yang populer. Terimakasih telah berkunjung dan membaca diblog saya. Semoga informasi diatas memberikan manfaat dan menambah ilmu pengetahuan. Terimakasih.


Sumber : admin. (20016). 11 bidang akuntansi. Diambil kembali dari dosenakuntansi: https://dosenakuntansi.com/bidang-bidang-akuntansi

No comments: